Perkembangan Islam di Kanada dan Dinamika Umat Islam

Perkembangan Islam di Kanada dan Dinamika Umat Islam

Mengenal Negara Kanada
     Kanada merupakan, salah satu dari tujuh negara industri maju di dunia, yang terletak di Amerika Utara. Dengan luas wilayah 9.976.186 Km2. Kanada juga merupakan negara kedua terluas setelah Rusia. Negara ini begitu luas sehingga, dari 24 daerah waktu di dunia, enam daerah terdapat di Kanada. Ibu kota Kanada adalah Ottawa. Secara geografis Kanada berbatasan dengan samudera Atlantik di timur, samudera pasifik utara di timur, samudera Arktik di utara dan Amerika Serikat di selatan. penduduk asli Kanada adalah orang Algunquin, Blackfoot, Iroquois, Inuit dan penduduk asli Amerika lainnya yakni Aborigin. Pendatang dari Eropa terutama dari negara Perancis datang ke Kanada sekitar  tahun 1500-an. pada 1700-an orang Inggris dan Prancis berseteru untuk memperebutkan kekuasaan diwilayah ini. Namun sejak tahun 1867, Kanda telah memiliki pemerintahan sendiri.
     Kanada merupakan negara sekuler yang menghargai adanya kebebasan. Seperti yang tertuang dalam konstitusi Kanada tahun 1986 yang merupakan revisi dari konstitusi 1867, yang dengan jelas meyebutkan adanya kebebasan fundamental yang diperoleh setiap warga negara Kanada. Dengan demikian, secara teori terlihat dengan jelas bagaimana Kanada sangat menghargai hak-hak warga negaranya, tanpa melihat asal-usul ras, etnis maupun agama. Hal ini dapat dibuktikan dengan terpilihnya  10 kandidat muslim termasuk 4 perempuan yang memenangkan kursi di parlemen dan berhak mewakili suara umat Islam. 10 kandidat tersebut adalah Maryam Monsef, Ahmad Hussein, Omar Alghabra, Iqra Khalid, Majid jowhari, YasminRatansi, Ariv Virani, Salma Zahid, Ali ehsasi, Marwan Tabbara.
     Di Kanada hubungan agama dan negara tidak diatur dengan jelas. Yaitu tidak ada agama yang secara resmi milik pemerintah. Secara formal, Kanada mempunyai komitmen dengan adanya pluralitas dalam beragama. Dalam, konstitusi tahun 1986 memang disebutkan tentang ”Tuhan” dengan demikian Kanada mengakui tentang eksistensi Tuhan. Akan tetapi, dalam konstitusi tersebut tidak menyebutkan agama tertentu. Walaupun Kanada tidak mempunyai agama resmi Negara, namun agama Kristen banyak mempengaruhi kebijakan kebijakan pemerintahan Negara hal ini dikarenakan agama Kristen merupakan agama mayoritas di Kanada. Salah satu contohnya yaitu, pada hari natal dan paskah, ada libur secara nasional. Selain itu, lagu kebangsaan Kanada, yaitu ’O Kanada mengandung beberapa ungkapan yang berkaitan dengan agama Kristen.
Pendidikan di Kanada disediakan, didanai dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School, Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School) dan pendidkan tinggi (Universitas, College).

Sejarah Masuknya Islam Ke Kanada
     Islam merupakan agama yang berkembang pesat di negara Kanada. Agama islam datang ke Kanada dibawa oleh para imigran. Faktor utama yang mendorong mereka bermigrasi adalah dikarenakan faktor ekonomi, pendidikan, tekanan politik dari negara asal. Para imigran datang ke Kanada dimulai pada tahun 1880 M. terutama dari Syiria Raya sensus di Kanada menyebutkan ada 13 muslim diantara populasinya saat itu. Kemudian, dari imigrasi pertama ini diikuti oleh imigrasi dari Albania dan Yugoslavia setelah perang dunia I. jumlah imigran muslim meningkat pesat sesudah perang dunia II termasuk daerah-daerah minoritas lain seperti Trinidad, Afrika Selatan Dan Fiji. Pada tahun 1980-an, Kanada menjadi tempat pelarian warga Lebanon karena terjadi perang saudara. Begitu pula pada tahun 1990-an, umat Islam Somalia dan Bosnia melarikan diri ke Kanada karena terjadi perang saudara. Di samping berasal dari negara-negara tersebut,  para imigran muslim lain yang datang ke Kanada adalah dari Irak, Albania, Yaman, dan Bangladesh.

Perkembangan Islam Di Kanada
     Berasarkan sensus pada tahun 1971, jumlah umat muslim di negara ini tercatat hampir mencapai 64.000 orang.  pada tahun 1982 jumlah umat muslim sudah mencapai 120.000 atau sekitar 0,5% dari jumlah penduduk Kanada. Dari 120.000 tersebut 40.000 berasal dari negara-negara Arab, 40.000 berasal dari India (termasuk Pakistan, Bangladesh, Afrika Selatan, Guyana, Trinidad dan Fiji), 20.000 berasal dari negara-negara Eropa terutama Yugoslavia dan Albania dan sisanya yang 20.000 berasal dari berbagai latar belakang termasuk orang setempat yang masuk atau pindah ke agama Islam. Kemudian pada tahun 1991 sensus penduduk menunjukkan terdapat 253.265 muslim atau sekitar 0,9% dari total jumlah penduduk di Kanada,  Perkembangan Islam yang paling pesat yaitu antara tahun 1991 dan 2001, selama kurun waktu sepuluh tahun ini umat Islam di Kanada terus meningkat. Yaitu dari 253.265 jiwa pada tahun 1991 menjadi 579.000 jiwa pada tahun 2001 atau sekitar 2,0% dari total jumlah penduduk Kanada. Dan dalam kurun waktu sepuluh tahun ini, perkembangan umat Islam perkembangannya paling pesat diantara agama-agama lain yang ada di Kanada. Angka-angka tersebut menunjukkan  bahwa perkembangan agama Islam di negara Kanada sangatlah  berkembang dengan baik dan cukup pesat. Sehubungan dengan itu, sebuah survei dirilis pada 8 Mei 2011 menunjukkan bahwa populasi muslim Kanada  meningkat sebesar 82 % selama satu dekade terakhir, yaitu dari 579.000 jiwa pada tahun 2001 Menjadi lebih dari 1 juta jiwa pada tahun 2011. Selain karena kedatangan imigran muslim, pertambahan ini juga karena tingginya tingkat kelahiran (2,5 % ). Selain itu, muslim di Kanada terus membaik karena mereka terorganisasi dengan baik, dibandingkan muslim di AS.
     Seperti halnya imigran di negara lain, muslim di Kanada banyak tinggal didaerah perkotan (97%). Dan berdasarkan jumlah persentase mereka para imigran muslim ini hanya 2% dari jumlah semua imigran yang datang ke Kanada. Pendidikan yang dicapai muslim di Kanada pun tergolong baik, yakni diatas rata-rata nasional. Satu dari empat laki-laki dan seorang dari delapan perempuan adalah lulusan universitas.
     Masjid pertama di Kanada didirikan di Alberta pada tahun 1938 dengan nama masjid Ar-rasyid. Masjid ini dibangun oleh oleh para imigran asal Libanon. Kemudian masjid dibangun pula dibeberapa kota di  Ontario seperti Otawa dan Toronto lalu menyusul di kota-kota lainya. Kepengurusan masjid-masjid yang didirikan tersebut dipilih oleh masing-masing  jamaahnya. Namun begitu ada pula masjid  yang dikelola oleh organisasi yakni masjid Fatima. Masjid ini dikelola oleh organisasi The Muslim Community of Quebec (MCQ) pada tahun 1979. Masjid ini lebih bersifat kemasyarakatan, ada beberapa ruang untuk kuliah umum, kelompok diskusi dan kegiatan belajar anak–anak. perempuan juga memiliki peran dan duduk sebagai anggota dalam the Council Of Trustee of MCQ. Tradisi Islam sebenarnya membolehkan muslim sholat di masjid mana saja bahkan di bumi Allah manapun, hanya dalam konteks Quebec mesjid harus punya daftar anggota.
    Tarekat pertama yang datang ke Kanada adalah tarekat burhaniyah yang mempunyai kegiatan sholat rutin berjama’ah kegiatan hadrah setiap hari sabtu malam, diskusi agama pada setiap weekend (akhir pekan). Pengunjungnya terdiri dari orang-orang Mesir, Sudan, Somalia dan sebagainya. Selain ajaran Sunni dan Sufi, ajaran Syiah dan Ahmadiah juga berkembang di Kanada hal ini dibuktikan dengan Adanya dua masjid Syi’ah di kota Montreal yaitu di down town (pusat kota) untuk Syi’ah istana Asyiriah dan di west island untuk syi’ah Ismailiyah. Sementara dari kalangan Ahmadiyah juga mempunyai kantor kecil di daerah suburb (pinggiran kota) di Montreal.

Kegiatan Dakwah Di Kanada
      Dakwah di Kanada banyak dilakukan oleh organisasi Islam, salah satunya adalah Canada Islamic Council ( Majelis Islam Kanada) yang dipimpin oleh Mohamed Elmasry. Organisasi ini menitikberatkan dakwah dikalangan mualaf, baik penduduk asli maupun imgran. Di samping   itu, kajian-kajian  keislaman juga  diselenggarakan oleh beberapa perguruan tinggi di Kanada, di antaranya Jurusan Islamic Studies yang terdapat di McGill University, Montreal. Di universitas tersebut tidak hanya mahasiswa Kanada yang ingin mempelajari Islam; tetapi juga mahasiswa Timur Tengah, Afrika,Eropa, dan Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Selain ditingkat perguruan tingggi pendidikan islam juga sudah diajarkan ditingkat sekolah dasar hingga menengah atas. organisasi ISNA adalah suatu asosiasi organisasi-organisasi Islam yang mendukung masyarakat Muslim mengembangkan program-program pendidikan Islam hingga saat ini sudah terdapat 500 lembaga pendidikan Islam yang tergabung dalam ISNA.
    Dakwah di Kanada juga dilakukan melalui musik modern seperti lagu hip-hop dan rap lagu popoler dengan lirik yang islami. Hal ini seperti yang dilakukan dua musisi asal Kanada yakni Deen dan Zaherhave yang membentuk duet hip-hop muslim yang bernma Deen Squad. Mereka membuat rekaman suara yang berisikan rap-rap cinta yang mencerminkan iman mereka. Selain melalui musik, Dakwah di Kanada juga dilakukan melalui film. Michael Milo, produser acara televisi yang sebelumnya nonmuslim, hendak menumbuhkan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat Kanada mengenai Islam. Ia lalu membuat film dokumenter yang berjudul A New Life in a New Land. Film ini berkisah tentang Islam serta kehidupan sehari-hari pemeluknya. Di bawah arahan rumah produksi Milo Production Inc yang bekerja sama dengan Divisi Media dan Teknologi Universitas Saskatchewan, para kru menggelar syuting fil dokumenter tersebut pada tahun 2001. Mereka melakukan pengambilan gambar serta wawancara dengan beberapa sumber disejumlah kota besar di Kanada seperti di Ottawa, Vancouver, Calgary, Edmonton, Saskatoon, Regina, Winnipeg, Toronto, dan Montreal. Film ini dibuat untuk meluruskan persepsi masyarakat Kanada tentang Islam serta sumber alternatif informasi terkini tentang kehidupan muslim setempat. Film ini terdiri atas tiga episode. Episode pertama bertajuk The Mosaic yang bercerita tentang sejarah kedatangan umat Islam di Kanada sekita 150 tahun yang lalu serta keberadaan mereka hingga kini. Di samping itu, digambarkan pula kehidupan keseharian masyarakat muslim yang tinggal diberbagai kota di Kanada beserta wawancara dengan ulama, cendikiawan, akademisi dan kalangan muda. Episode kedua adalah In Faith and Practice yang memperkenalkan ajaran agama Islam, seperti rukun Islam dan tata cara beribadah. Ditampilkan juga tantangan yang dihadapi umat Islam menyangkut sejumlah isu, seperti pernikahan, keluarga, tanggung jawab sosial,  dan kematian. Sementara episode ketiga yang brjudul A Warm Welcome merupakan potret kehidupan beberapa muslim beserta keluarganya dan peran yang mereka jalankan dalam komunitas masing-masing. Mereka diantaranya Dr. Ali Rajput neurologi dari Saskatoon yang tengah meneliti banyak penyakit parkinson; dan Alan Okanovic, pengungsi Bosnia yang mengedarai sepeda melintasi Kanada untuk mengumpulkan dana bagi anak-anak korban perang di Negara asalnya.
    Tiap episode film dokumenter berdurasi sekitar 48 menit. Ketiga film tersebut telah mengudara pada bulan Juli 2004 dan dipancarkan secara nasional. Selama tiga pekan, stasiun vision TV menampilkan satu persatu film dokumenter tersebut dan di pandu oleh Dawud Wharnsby Ali, musisi muslim internasional. Selain film A New Life in a New Land, ada film lain, yaitu Little Mosque on The Pairie, yang ditayangkan di stasiun televisi CBC Kanada.
 
Organisasi Islam Di Kanada
     Situasi muslim di kanada terus membaik. mereka terorganisasi dengan baik dari pada muslim Usa, Argentina, dan Brazil. Komunitas  muslim pertama ada di Edmonton (alberta) pada 1920an. Komunitas ini merupakan para imigran asal Libanon. komunitas ini membangun masjid pertama di Kanada pada tahun 1938 yang diberinama masjid Ar-rasyid.  Setelah umat muslim Kanada mengalami perkembangan yang signifikan, maka umat Islam di Kanada membutuhkan wadah organisasi yang dapat menampung kegiatan sekaligus untuk menyuarakan aspirasi umat Islam yang ada di Kanada. Di Kanada ada beberapa organisasi muslim yang menghimpum kaum muslim, dan secara garis besar komunitas muslim di Kanada direpresentasikan oleh dua organisasi. Pertama, Canadian Islamic Congress (CIC), organisasi ini merupakan wadah yang mewakili kelompok ”tradisional”. Organisasi ini, banyak didukung oleh berbagai masjid yang ada di Kanada. Kedua, Muslim Canadian Congress (MCC), organisasi ini merupakan organisasi yang mewakili “kelompok modern”, organisasi ini dianggap sebagai organisasi muslim terbesar di Kanada. Selain dua organisasi diatas ada beberapa organisasi umat muslim lainnya yaitu: The Council of Muslim Community of Canada didirikan pada  tahun 1972. Organisasi ini merupakan organisasi yang mengkoordinasikan seluruh organisasi yang ada di Kanada. Organisasi ini berfungsi untuk membimbing, megayomi dan membina kaum muslim, selain itu organisasi ini juga bertugas sebagai pemberi fatwa bagi masyarakat muslim di Kanada.
     The Canadian Council for American-Islamic Relations (CAIR-CAN). Organisasi ini didirikan pada tahun 2001, dan organisasi ini banyak berkiprah terhadap pembelaan hak asasi manusia.
 The Canadian Society of Muslim (CSM). Organisasi ini, bertempat di Ontorio, dan sudah ada sejak tahun 1960-an, tetapi baru menjadi organisasi resmi pada tahun 1980. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mempromosikan suatu pengertian budaya Islam, dengan pendekatan ilmiah melalui riset dan kegiatan lain.
      Canadian Muslim Women. Organisasi ini dibentuk tahun 1982. organisasi dibentuk karena adanya isu kesamaan gender. Organisasi ini bergerak dalam bidang pembelaan kaum perempuan
Islamic Society of North America (ISNA). Organisasi didirikan pada tahun 1982, Tujuan ISNA adalah untuk menjadi organisasi Islam teladan dan pemersatu di Amerika Utara, yang memberikan kontribusi kepada perbaikan masyarakat Muslim dan masyarakat pada umumnya. ISNA adalah suatu asosiasi organisasi-organisasi Islam yang mendukung masyarakat Muslim mengembangkan program-program pendidikan, sosial dan membina hubungan baik dengan masyarakat agama lain, serta organisasi sipil dan pelayanan. ISNA dalam melakukan kegiatannya biasanya juga bekerjasama dengan berbagai organisasi yang lain seperti:  Muslim Student Association (MSA), Amerika Utara Islam Trust (Nait), Kanada Islam Trust (CIT; mitra Nait di Kanada), Muslim Community Association (MCA), American Muslim Sosial Ilmuwan (AMSS), Amerika Ilmuwan dan Insinyur Muslim (AMSE), Islamic Medical Association (IMA), Islamic Pengajaran Center (ITC), Pemuda Muslim Amerika Utara (Myna) dan Yayasan Pembangunan Internasional (FID).
     The Islamic Circle of North America (ICNA). ICNA adalah organisasi Islam yang secara formal berdiri pada 1971, namun telah mulai beraktivitas sejak 1968. ICNA dibentuk oleh imigran Muslim dari Asia Selatan-Pakistan dan India. Organisasi ini lebih konservatif dibandingkan ISNA. Organisasi ini, didirikan untuk mendukung masyarakat Muslim di Amerika Utara. Selain organisasi-organisasi tersebut pada saat ini tercatat ada sekitar 48 organisasi muslim di Kanada di antaranya 29 ontario, 4 di alberta, 4 di quebec, 3 di saskachewan, 2 di british columbia, 2 dinova scotia dan 1 di masing-masing manitoba, newvoundland, new burnswick dan prince edward island


Daftar Pustaka


Sumber Buku:
Aswita Ratih Fitriani dkk. Ensiklopedia Pemerintahan dan kewarganegaraan.  (Jakarta: Pt Lentera Abadi. 2010).

Dinas Pendidikan dan  Budaya. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jilid 8. (Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka. 1990).

M. Ali Kettani. Minoritas Muslim: Di Dunia Dewasa Ini. Penerjemah. Zarkowi Soejoeti. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2005).

Sri Mulyati. Pengalaman belajar islam di kanada.  (Yogyakarta: Titian Illahi Press. 1997).

Syamsul  Munir Amin. Sejarah dakwah.  (Ja karta : Amzah. 2014)


Sumber Internet:

M. Hamdan Basyar. Dalam PDF Minoritas Muslim di Kanada Bab III. Hal.  38-40. artikel ini diakses pada hari senin tanggal  21-11-2016

http://id.wikipedia.org/wiki/Kanada  artikel ini diakses pada hari senin tanggal  21-11-2016

http://koran.republika.co.id/koran/0/126274/Geliat_Organisasi_Islam_di_Amerika artikel ini diakses pada hari senin tanggal  21-11-2016

www.icmi.or.id/blog/201508/di-kanada-musik-hip-hop-digunakan-pemuda-muslim-untuk-dakwah  artikel ini diakses pada hari senin tanggal  21-11-2016


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Historiografi

Makalah Masa Khalifah Ali Bin Abi Thalib

Perkembangan Kebudayaan Islam di Pakistan